Adobe, Slack, Zoho Belum Daftar PSE, Kominfo Bakal Blokir?

Sedang Trending 2 bulan yang lalu 453
ARTICLE AD BOX
Perusahaan teknologi Adobe. Foto: Dado Ruvic/Reuters

Dua hari berlalu sejak tenggat waktu pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), beberapa platform layanan kreatif dan instrumen kolaborasi tim dipantau belum masuk daftar.

Berdasarkan pantauan kumparanTECH pada Jumat (22/7), nama aplikasi seperti Slack, Zoho, hingga layanan desain grafis terkenal Adobe tetap nihil. Adobe sendiri punya sederet produk yang sering digunakan para pekerja kreatif, seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere, Adobe Illustrator, dan Adobe InDesign.

Beberapa layanan manajemen proyek untuk developer seperti Notion, Trello, Github, dan Stack Overflow juga terlihat belum masuk daftar di PSE Kominfo. Belum diketahui secara jelas penyebab keterlambatan pendaftaran platform-platform tersebut.

Namun menurut Teguh Arifiadi, Plt. Direktur Tata Kelola Aplikasi Informatika, beberapa layanan berkomunikasi dengan Kominfo mengaku mengalami hambatan di sisi internal untuk dokumentasi legal dan juga di sistem.

“Mayoritas kendalanya di dua hal, dapat di hambatan di sisi internal untuk dokumentasi atau administrasi legal dapat juga di sistem,” jelas Teguh dalam konferensi pers yang digelar di Hotel Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (21/7).

Sedang memuat...

comment0 01 April 2020

Ketentuan pendaftaran operasional PSE lingkup privat ini diatur dalam kebijakan khusus, seperti yang tertuang dalam Permen Kemkominfo Nomor 5 Tahun 2020. Setiap PSE lingkup privat diwajibkan mendaftarkan seluruh layanan mereka per domain.

Adapun terdapat enam kategori PSE Lingkup Privat, bagus domestik maupun luar negeri, yang wajib daftar ke PSE Kominfo. Beberapa kriteria tersebut antara lain portal/situs/aplikasi/jaringan yang memberikan layanan transaksi keuangan, komunikasi dan sosial media, layanan berbayar, layanan mesin pencari, dan sebagainya.

Nasib layanan kalau terlanjur diblokir

Slack Technologies Inc, perusahaan yang mengembangkan aplikasi Slack. Foto: REUTERS/Brendan McDermid

Bagi PSE yang belum mendaftarkan diri sebagai melalui hukuman bertahap, dimulai dari teguran berupa surat surat ‘ultimatum’ yang diproses selama lima hari kerja, hingga pemutusan layanan.

Namun kalau sudah terlanjur diblokir, Semuel mengaku pemblokiran akan dibuka kalau seluruh ketentuan telah dipenuhi oleh platform terkait.

Jika mereka sudah sempat diblokir mereka dapat mengajukan apa yang namanya normalisasi. Seteleh mereka memenuhi seluruh ketentuannya, mereka dapat normalisasi dan dapat langsung dilakukan pembukaan kembali.

- Samuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika -

Pihaknya juga dikatakan akan memberi donasi para PSE yang mengalami hambatan ketika mendaftar. Kominfo sendiri sudah menyiapkan panduan apabila ada hambatan atau masalah jaringan. Setelah hambatan teratasi, PSE harus menindaklanjuti pendaftaran formal melalui Online Single Submission (OSS).

Selengkapnya