Kitabisa Ajak Warga Rayakan Kebaikan di Festival 'Warga Bantu Warga'

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 1814
Acara festival Warga Bantu Warga. dok: Mutiara Oktaviana/kumparan

Platform donasi terbesar di Indonesia Kitabisa mengajak penduduk untuk merayakan dampak kebaikan melalui Festival Warga Bantu Warga yang diselenggarakan pada hari ini, Minggu (4/11).

Festival Warga Bantu Warga terinspirasi dari gerakan bernama sama yang diinisiasi oleh berbagai perusahaan, LSM, startup, profesional, influencers, selebritis dan perseorangan dalam merespons second wave COVID-19 di Indonesia tahun 2021. Gerakan ini menjadi bentuk konkret dari falsafah gotong royong di Indonesia.

CEO & Co Founder Kitabisa, Alfatih Timur, mengatakan festival ini merupakan event offline pertama Kitabisa sejak 2020 yang mengajak lebih banyak orang lagi untuk melanjutkan berbagai inisiatif Warga bantu Warga. Festival ini sekaligus untuk memperkuat komitmen Kitabisa dalam mewadahi ragam inisiatif donasi untuk masyarakat.

Festival Warga Bantu Warga di M Bloc Space, Jakarta Selatan, Minggu (4/12/2022). Foto: Mutiara Oktaviana/kumparan

“Dalam festival ini seluruh orang yang hadir kami ajak untuk memandang berbagai kebaikan yang telah terjadi melalui beberapa program yang ada di Kitabisa,” ucapnya saat ditemui di festival Warga Bantu Warga di Creative Hall, M Bloc Space, Jakarta Selatan, Minggu (4/12).

Ia berharap platform penggalangan biaya dan donasi yang diusung dapat lanjut mengajak lebih banyak orang untuk melanjutkan gerakan penduduk bantu penduduk serta menumbuhkan rasa solidaritas antar sesama masyarakat.

Sedang memuat...

comment0 01 April 2020

Acara festival yang digelar di Creative Hall, M Bloc Space, Jakarta Selatan, ini juga dihadiri Najwa Shihab, selebriti sekaligus penyanyi Andien, aktris Adinia Wirasti, hingga Influencer Awkarin.

Tak hanya itu, festival tersebut juga diisi dengan macam - macam langkah seru dan menyenangkan, mulai dari obrolan bersama kreator Autistik dari @withkreaby, beramal sembari karaoke lagi K-Pop bersama @fridaynoreabang, hingga menikmati kopi dari kawan tuli @sunyikopi.

Festival Warga Bantu Warga di M Bloc Space, Jakarta Selatan, Minggu (4/12/2022). Foto: Mutiara Oktaviana/kumparan

Selain gerakan Warga Bantu Warga, berbagai gerakan lain juga difasilitasi oleh Kitabisa, seperti Oxygen For Indonesia, membantu menanggulangi gelombang kedua Covid, celengan Beasiswa Narasi untuk donasi beasiswa pendidikan dan Kawan Puan untuk membantu korban kekerasan dan pelecehan seksual.

Festival Warga Bantu Warga di M Bloc Space, Jakarta Selatan, Minggu (4/12/2022). Foto: Mutiara Oktaviana/kumparan

Kemudian bentuk konkret gerakan Warga Bantu Warga yang baru ini sudah terlaksana ialah dalam membantu korban musibah gempa bumi Cianjur. Dalam waktu satu minggu Kitabisa memfasilitasi lebih dari 30 influencers untuk membuka halaman galang biaya yang sukses mengajak lebih dari 290 ribu donatur dan hasil bantuannya sudah didistribusikan secara bertahap sejak hari pertama pasca-bencana.

Sebagai informasi, sejak berdiri di tahun 2013, platform Kitabisa telah digunakan oleh lebih dari 7 juta pengguna dan menyalurkan donasi 170.000 inisiatif sosial. Selain itu, Kitabisa telah menggandeng ratusan yayasan dan lembaga sosial di 34 provinsi dan lebih dari 150 rumah sakit di Indonesia dan sebanyak 63.000 donasi disalurkan setiap hari.

Reporter Mutiara Oktaviana

Selengkapnya